26 Sep 2024

Kabupaten Karimun Meraih Penghargaan Terbaik II Kategori Pemerintah Dengan Program Unggulan P2DD Terbaik dalam Champhionship TP2DD Tahun 2024.

Pada hari Senin 23 September 2024, Satgas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) pada tahun 2024 kembali mengumumkan pemenang Championships Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD) Tahun 2024 bertema “Digitalisasi Transaksi Pemda Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah” yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (23/09).

Championships TP2DD secara tahunan dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi dan apresiasi kinerja Pemerintah Daerah. Penerima Penghargaan TP2DD terbaik dibagi menjadi 5 wilayah kawasan yaitu Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, serta Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua (Nusampua).

Satgas P2DD telah menetapkan Pemda Penerima Penghargaan TP2DD terbaik pada masing-masing wilayah, 3 Pemda Penerima Penghargaan Program Unggulan terbaik di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota, 1 BPD terbaik, serta 3 TP2DD Rookie of the Year yang dinilai paling mendukung kebijakan P2DD tahun 2023.

                 

Pada tahun ini, TP2DD Kabupaten Karimun berhasil meraih predikat Terbaik II Kategori Program Unggulan P2DD untuk Kabupaten di Wilayah Sumatera. Program unggulan yang dimaksud adalah “Setiap Saat Tongkrongin Objek Pajak (SIaSat TOP)” yang merupakan inovasi Badan Pendapatan Dalam upaya optimalisasi penerimaan pajak daerah. SIaSat TOP juga mengusung upaya optimalisasi pajak melalui pelaporan dan pembayaran pajak serta pengawasan secara digital.

Rakornas ini dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartanto. Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih,  Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir, para Eselon I Kementerian/Lembaga terkait, para Gubernur, Bupati, dan Walikota selaku Ketua TP2DD, serta para pimpinan pelaku usaha Lembaga Keuangan dan Jasa Pembayaran.

                  

Hadir menerima penghargaan ini Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim. Usai menerima penghargaan tersebut beliau menyampaikan rasa senang dan  dan bangga atas prestasi yang berhasil diraih, dan mengharapkan TP2DD Kabupaten Karimun kedepan selain meraih penghargaan sebagai Program Unggulan Terbaik juga  dapat menjadi TP2DD terbaik terbaik se-Sumatera. 

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq pada saat menyampaikan amanat dalam upacara Hari Jadi Provinsi Kepri Ke- 22, Selasa 24 September 2024. Selamat untuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Kabupaten Karimun, prestasi ini tentu tidak terlepas dari dukungan pimpinan dan kerja keras tim TP2DD Kabupaten Karimun serta semua pihak yang terlibat di dalamnya. Selamat Kepada Bapenda atas Inovasi SiaSat TOP yang berhasil menjadi program unggulan. Digitalisasi dalam Pendapatan dan Belanja Daerah perlu terus ditingkatkan sehingga memberikan kemudahan dalam pelayanan, transparansi publik dan meningkatkan PAD Kabupaten Karimun, ujar beliau.

Komentar Berita

Leave a comment